Oktober 4, 2022

PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH

FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS WIRALODRA

External Benchmarking Penjaminan Mutu FAI UNWIR ke LPM IAIN Cirebon.

2 min read

Sehubungan dengan akreditasi Program Studi Perbankan Syariah dan memperluas wawasan tentang kendali mutu di Lingkungan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu, maka dilakukan studi banding dan external benchmarking penjaminan mutu pada Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Cirebon.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari : Selasa 6 September 2022, Jam  : 10.00 s.d 12.00  WIB
bertempat di  Lantai 2 Kantor LPM IAIN Cirebon. 

Dalam kegiatan ini rombongan FAI UNWIR terdiri dari Dekan Fakultas Agama Islam FAI UNWIR H. Ibnu Rusydi, MA, Ketua LPM Univ. Wiralodra Ibu Dr. Wresni Pujiyati M.Pd, Wakil Dekan FAI UNWIR H. Ibnudin, M,HI, Ketua Prodi PAI,  Zaenudin, Lc, MA,  Ketua Prodi PSY Akhmad Syatori, M.Ek, Ketua Prodi BKPI Ibu Evi Rufaeda, M.Pd, Ketua Kendali Mutu FAI . Didik Himmawan, M.Pd,I , serta dosen dan staf Fakultas Agama Islam UNWIR

Adapun materi studi banding meliputi : (1). Persiapan Akreditasi Prodi, 2). Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) 3). Kendali Mutu Fakultas, dan 4). dan Keberlanjutan Program Penjaminan Mutu.

Tujuan External Benchmarking ke LPM IAIN Cirebon sangat tepat, karena LPM IAIN Cirebon sistem penjaminan mutunya sudah berjalan dan terprogram sangat baik berbasis sistem informasi akademik dan aplikasi online.   

Hadir dari pihak LPM IAIN Cirebon Ketua LPM, Dr. H. Ayus Ahmad Yusuf, M.Si, Sekretaris LPM Toheri, M.PD, Kapus Pengembangan dan Standar Mutu Ibu Yeti Nurizzati, M.S.i, Kapus Pengendalian dan Audit Mutu, Muhsin Riyadi, MA, Arsiparis LPM Zainal Arifin, S.Ag dan staf-staf lainnya. 

Banyak hal baru dan menginspirasi  yang didapat dari sistem penjaminan mutu LPM IAIN Cirebon, antara lain 1), Tim LPM IAIN Cirebon sangat kompak, inovatif, kinerja baik dan memiliki komitmen tinggi untuk membangun mutu perguruan Tinggi, 2). Inovasi dan kreatifitas sistem Informasi Penjaminan Mutu berbasis aplikasi dan web online, seperti Esami, Siborang, Arsiparis, 3). Layanan konsultasi akreditasi Program Studi yang mumpuni.  4).  Keterlibatan LPM dalam upaya anggaran kegiatan perguruan tinggi berbasis akreditasi, 5).  Open sharing, terbuka, dan profesional dalam berbagi ilmu seputar sistem penjaminan mutu. 6). Penerimaan tamu yang sangat excellent service. 

Untuk itu direncanakan ke depan akan banyak perbaikan dalam sistem penjaminan mutu internal (SPMI) di Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra dari semua aspek, bisa mulai dari dokumen mutu sampai berjalannya sistem penjaminan mutu secara optimal. Untuk itu direncanakan ke depan dosen dari FAI UNWIR belajar di LPM IAIN Cirebon untuk menjadi auditor, dan atau auditor dari LPM IAIN Cirebon diperbantukan untuk melakukan audit mutu di Fakultas Agama Islam UNWIR. 

More Stories

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.